Sabtu, 26 Januari 2013

Kisahku (Berbisnis itu tidaklah sulit dan juga tidak mudah)



Berbisnis itu tidaklah sulit dan juga tidak mudah

Semua orang memimpikan dirinya dapat berpenghasilan sendiri tanpa adanya kesusahpayahan dalam bekerja, ini menandakan bahwa orang itu mempunyai sifat malas dalam kesehariannya. Seorang pebisnis adalah orang yang pantang akan putus asa dan selalu termotivasi dalam usaha yang dijalaninya. Berani jatuh dalam usaha dan kembali untuk bangkit, karena disetiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Kita bisa ambil contoh dari negara Jepang walaupun dulu telah dibom kota Hiroshima dan Nagasaki dengan bom atom oleh Amerika dan sekutunya tapi mereka mampu bangkit lagi membangun negara yang lebih maju lagi, sama halnya jika pebisnis tidak pantang menyerah pasti sesuatu yang telah diinginkan sejak dulu akan tercapai.

          Disisni saya akan coba menuliskan kiat-kiat menjadi pebisnis yang sukses. Kalaupun belum urut menurut sobat, sobat dapat mengurutkannya sendiri.
1.     Mempunyai ide yang akan dipasarkan

      Sebelum berbisnis atau berpengusaha, kiat ini adalah yang kiat harus diprioritaskan terlebih dahulu, semisal akan berpengusaha membuat Kacang ijo maka dipikirkan terlebih dahulu bagaimana cara membuatnya, kemudian memasarkannya. Setidaknya sudah terpikirkan sebelum langkah-langkah selanjutnya dicoba.

2.       Berani mencoba
       Suatu yang telah terpikirkan tanpa berani mencoba maka sia-sia pemikiran yang selama ini kita susun, karena mencoba adalah awal dari usaha kita berjalan. 

3.       Jangan terlalu dipikirkan mendetail
       Maksudnya dalam berbisnis, kita itu memperhitungkan berapa kerugiannya, berapa keuntungannya, kita fokus saja kita akan berhasil dalam menjalankan usaha kita. 

4.       Berpikir positif (khusnudzon) , tinggalkan berpikir negativ(su’udzon)
       Kebanyakan orang selalu mengedepankan hal-hal yang buruk akan menimpa pada usahanya entah itu sudah terlaksana usahanya maupun masih dalam angan-angan usahanya.
Contohnya, nanti daganganku ada yang beli tidak yah? Nanti kalo tidak laku bagaimana? Dan masih banyak lagi, padahal kata-kata seperti ini dapat menimbulkan rasa percaya diri kita yang sudah mendebu-debu menjadi turun. Seharusnya bagaimana mengatasi semua ini, ya itu tadi berpikir positiv bahwa dagangan saya hari ini akan habis, laku, dsb. Tentunya dengan usaha dari kita sendiri seperti menjajakannya dengan tekun, ulet, tanpa rasa malu. 

5.       Istiqomah dalam menjalani usaha kita
       Setelah usaha berjalan maka harus istiqomah menjalani usaha yang kita telah rencanakan dahulu, ini akan manimbulkan produk kita dikenal oleh orang-orang yang mungkin suka membeli hasil produksi kita, bahkan kita sendiri yang mungkin akan dikenal oleh para pembeli. 

6.       Shodaqoh
       Tak terlupakan, entah itu dikala penghasilan dari pemasaran kita yang sedang lapang maupun sempit harus senantiasa ikhlas menyisikan penghasilan tersebut. Agar harta yang diperoleh berkah.. JJ
        Itulah tips-tips yang pernah saya jalani sendiri saat semester 1, Alhamdulillah Alloh pun meridhoinya..
Selamat mencoba sob, semoga Alloh memberkahimu,.. Amiiinn...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . JOVI ARDAN BLOG - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger