Minggu, 03 Maret 2013

Fisik Rosululloh (Muhammad SAW)



Assalammu’alaikum
Saudaraku yang dirahmati Alloh. Tidak hanya Akhlaq Rosul Alloh yang sangat baik, Alloh memberikan kesempurnaan yang baik pula pada diri (fisik) Rosululloh.. Subhannalloh, inilah yang saya pernah baca pada sebuah buku dimana ciri-ciri fisik beliau ini diriwayatkan oleh para sahabat, barang kali mungkin saudara yang berbahagia belum mengetahuinya. Namum setelah membaca kutipan ringkas ini, jangan sampai saudara sekalian menggambarkan ciri fisik Rosul dipikiran saudara sekalian, karena fisik Rosul tidak boleh digambarkan sama halnya juga pada Alloh SWT.


Rosululloh SAW memiliki wajah sangat tampan seperti rembulan. Badannya tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu pendek. Bila beliau berpaling, maka seluruh badannya ikut berpaling. Diantara kedua bahunya terdapat Khatamun Nubuwah, yaitu tanda kenabian.

Perangainya amat lembut. Beliau paling ramah dalam pergaulan. Barang siapa pernah pernah berkumpul dengannya, kemudian kenal dengannya, tentulah ia akan mencintainya. Orang yang menceritakan sifatnya pasti akan berkata, “belum pernah aku melihat sebelum dan sesudahnya orang yang seistimewa Beliau SAW.” (HR Tirmidzi)

Rambut Rosululloh SAW.
Al-Bara’ bin Azib berkata, “Saya tidak pernah melihat seseorangpun yang lebih baik ketika mengenakan pakaian berwarna merah, selain Rosululloh SAW. Ujung rambut beliau tergerai hingga menyentuh pundak.”(HR Bukhori dan Muslim). Dalam riwayat lain dikatakan bahwa rambutnya sangat hitam, ikal, berombak, tidak keriting, tidak lurus, dan terurai. Rosululloh SAW selalu menyisir rambutnya ke belakang, sedangkan orang-orang musyrik menyisir rambut mereka ke kiri dan ke kanan. Ahlul kitab menyisir rambutnya ke belakang. Selama tidak ada perintah lain, Rosululloh SAW senang menyesuaikan diri dengan Ahlul Kitab. Kemudian Rosululloh menyisir rambutnya ke kiri dan ke kanan.

Gigi Rosululloh SAW
Ibnu Abbas RA meriwayatkan, gigi depan rosululloh SAW tampak renggang. Jika berbicara, diantara gigi depan terlihat seperti keluar cahaya (HR Tirmidzi dan Ad-Darimi). Ketika perang uhud, Rosululloh terkepung oleh pasukan Quraisy hingga akhirnya terdesak. Beliau terjatuh, tidak kuasa menahan serangan yang menghujani tubuhnya. Gigi seri bagian bawahnya copot, kepalanya terluka. Sambil mengusap darah di keningnya beliau bersabda, “Bagaimana mungkin suatu kaum mendapat keberuntungan jika mereka melukai wajah rosululloh SAW, memecahkan giginya. Padahal, dia mengajak memeluk Islam.”

Hidung
Dari Hasan bin Ali ra,. Saya bertanya kepada paman saya, Hind bin Abi Halah tentang hidung Rosululloh SAW. Dia menjawab, “Rosululloh SAW memiliki hidung mancung dan tulang hidungnya kecil (HR Ibnu Sa’ad).
Janggut Rosululloh SAW
Ali bin Abi Thalib ra meriwayatkan, “Kepala Rosululloh SAW tidak kecil dan janggutnya tebal.” (HR Ahmad).
Al-Bara’ bin Azib berkata, “Rosululloh SAW memiliki janggut yang tebal.” (HR Nasa’i)
Sa’ad bin Abi Waqash berkata, “Janggut dan rambut Rosululloh SAW lebat dan hitam.” (HR Ibnu Sa’ad).

Wassalamu’alaikum.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . JOVI ARDAN BLOG - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger